Minecraft - Diamond Picaxe Perang Dunia Kedua [ PART 1 ] - Michael Chen

Perang Dunia Kedua [ PART 1 ]

Yo ! Balik lagi. Setelah hampir 2 minggu nggak upload . Akhirnya, gua ada kesempatan, pas-pasan malam minggu, jadi ada waktu. Ayo baca tanpa basa-basi. Cekidot ! Lumayan juga, nambah wawasan ! :v

Setelah Perang Dunia Pertama (28 Juli 1914 - 11 November 1918) tampaknya dunia "agak" tenang. Maka, dibentuklah Liga Bangsa-Bangsa yang sebagian besar, diketuai oleh anggota Blok Sekutu. Dibentuknya LBB harapan perdamaian dunia malah dipegang seluruhnya oleh blok Sekutu. LBB tidak memerhatikan bagian mantan Blok Sentral era Perang Dunia pertama. Karena itulah, Jerman keluar lagi dalam pemimpin utama pencetus Perang Dunia II, sejak kekalahan perangnya sebagai Poros dalam PD 1. Ada yang berpendapat bahwa, PD 2 dimulai sejak penyerangan Jepang ke Manchuria (18 September 1931), ada pula yang mengatakan dimulai sejak penyerbuan Jerman ke Polandia (1 September 1939).


Singkat cerita, foto di atas adalah gambar 2 dari 3 pemimpin pertempuran Perang Dunia ke-2. Ya, kiri adalah Benitto Mussolini (Italia), dan Adolf Hitler (kanan) si master fasis. Bagi yang belum tahu, fasisme adalah paham yang menganggap negara lain rendah.


Berikut, sebab umum Perang Dunia ke-2, antara lain :
- Kegagalan LBB dalam mewujudkan perdamaian dunia.
- Munculnya politik aliansi / mencari kawan.
- Terjadi persaingan senjata antarnegara pasca PD 1.
- Perbedaan paham antar negara, komunisme dipegang Uni Soviet, liberalisme dipegang Amerika Serikat, dan Inggris, dan fasisme dipegang oleh Jerman, Italia, dan Jepang.

Sedangkan, sebab khusus Perang Dunia ke-2, antara lain :
- Penyerbuan Jerman ke Polandia melalui kota Danzig, karena mayoritas orang Jerman ada di kota Danzig (1 September 1939).
- Penyerbuan Jepang ke pangkalan armada AL, Pearl Harbour pada 7 Desember 1941.


Awalnya (1939-1941), Blok Poros mengalami kemenangan pesat, trik yang banyak digunakan adalah taktik blitzkrieg (Nazi Jerman), dan penyerbuan (Jepang), sedangkan aksi Italia dalam perang jarang terdengar. Pada akhir, titik awal (1941), Jerman berhasil menyerbu beberapa kota hingga hampir mencapai pintu masuk kota Moskow, yang dikenal sebagai "Pertempuran Stalingrad". Jerman mulai menyerbu Uni Soviet sejak Juni 1941, juga Jepang berhasil menyerbu Pearl Harbour pada 7 Desember 1941.

Titik balik terjadi pada tahun 1942, saat Jenderal Montgomery berhasil merebut kembali El Alamein yang berhasil direbut Jerman sebelumnya, kemudian Jepang mengalami kekalahan besara pada Pertempuran Laut Karang, dan Midway (7 Mei 1942). Pada saat ini, Blok Poros hanya dapat bertahan, atau kalah.

Hingga, pada tahap akhir (1943-1945), Blok Poros menerima kekalahan besar. Kekalahan Jerman sudah terlihat sejak Invasi Normandia oleh Sekutu (6 Juni 1944), di mana 2 juta serdadu Sekutu mendarat di Normandia, Paris, berjuang mati-matian sambil ditembak menggunakan cannon 135mm (seimbang anti-aircraft gun). Tapi apa, mereka berhasil, saat mencapai titik aman, mereka memanggil artileri untuk menyerbu cannon tersebut. Akhirnya, Sekutu berhasil menyebrangi Sungai Rhine, dan mendekati jantung kota Berlin. Jerman mengaku kalah pada 7 Mei 1945.



Sebuah lelucon mengatakan Chuck Norris lahir pada tanggal 6 Mei 1945 (padahal 10 Maret 1940), sedangkan Nazi menyerah pada 7 Mei 1945. Kebetulan? Saya pikir tidak :v .

Jepang belum menyerah kala itu, Jepang terus mencari kawan, terutama di Asia Tenggara, terpilihlah Thailand. Pada saat itu, Thailand tidak dijajah, namun diambil SDM. Jepang kala itu juga masih di Indonesia, dan sekitarnya. Sehingga, untuk menutup pergerakan Jepang, Sekutu membentuk ABDACOM (American British Dutch Australian Command). Jepang kala itu juga menguasai Filipina, sehingga terjadi Pertempuran Laut Filipina. Sedangkan, aktivitas Jepang di kawasan Indonesia Timur sudah dipegang Sekutu, dipimpin oleh Jenderal Douglas Mac Arthur.


Sebelumnya, Sekutu memikirkan cara untuk mengalahkan Jepang. Kemudian, disusunlah taktik lompat katak, yaitu merebut / melompat dari pulau satu ke pulau lain, taktik ini dipimpin oleh Jenderal Douglas Mac Arthur, dan Laksamana Chester Nimitz. Ya ! Usaha mereka 100% berhasil.

Pergerakan Jepang mulai sempit, dan dipicu pengeboman kedua kota yang merupakan pusat tentara, dan persenjataan Jepang, yakni Hiroshima (6 Agustus 1945) oleh bom Little Boy, dan Nagasaki (9 Agustus 1945) oleh bom Fat Man. Jepang menyatakan bersedia menyerah pada 14 Agustus 1945 dari radio yang disiarkan oleh Kaisar Hirohito, dan Jepang menandatangani "Japanese Instrument of Surrender" pada 2 September 1945.

Bagaimana nasib Italia?

Italia sudah terlebih dahulu menyerah pada Februari 1945. Awalnya, Jerman ingin menguasai Terusan Suez, sehingga Jerman memerintahkan Italia untuk menyerbu Mesir, tapi gagal. Jerman berhasil dipukul mundur hingga ke Abesinia, Ethiopia oleh Sekutu.


Foto di atas adalah Medal of Honor, diberikan kepada tentara yang selamat dalam melawan Jerman hingga menyerah. Medal of Honor telah diterima 3.515 orang, dan 2 orang Yahudi (hanya itu).

Mau tahu kelanjutan ? Stay tune ya ! :v :3
Terima kasih untuk membaca, jangan cuma komen "Sangat Membantu, kak ! " -,-

Copyright © Michael Chen, 2016

Related Posts:

7 Responses to "Perang Dunia Kedua [ PART 1 ]"

  1. Medalinya keren keren gan ,, thanks infonya

    BalasHapus
  2. Thanks infonya gan...nambah wawasan tentang dunia

    BalasHapus
  3. Nambah wawasan nih, Thank gan...

    BalasHapus
  4. ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat ayo segera bergabung dengan kami di f4n5p0k3r
    Promo Fans**poker saat ini :
    - Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
    - Bonus Cashback 0.5% dibagikan Setiap Senin
    - Bonus Referal 20% Seumur Hidup dibagikan Setiap Kamis
    Ayo di tunggu apa lagi Segera bergabung ya, di tunggu lo ^.^

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

close
Banner iklan disini